Monday, March 12, 2007

Black Box Indonesia

Living dangerously in Indonesia. Mungkin kata-kata itu yang bisa mengungkapkan betapa ngerinya hidup akhir2 ini di Indonesia. Bencana ke bencana senantiasa hadir dalam setiap kilasan berita TV dan headline harian surat kabar nasional.

Kayaknya semenjak Tsunami Aceh, banyak sekali kejadian alam tidak bersahabat yang hadir di Indonesia. Diantara banyaknya bencana alam tersebut, mayoritas kejadian sebenarnya buatan manusia sendiri. Betul, buatan manusia, itu jika kita terlalu sopan untuk membebankan semua kesalahan kepada sang empunya kuasa dan konglomerat pembabat hutan di negara kita.

Layaknya black box yang lazim kita temui di badan pesawat, yang berisi banyak informasi untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya, menurut gue banyak sekali black box-black box dari tragedi alam ataupun tragedi politik di negara ini yang sengaja dibiarkan tertutup dan ga dikotak-katik. Banyak kejadian pemicu suatu bencana, atau aktor kunci pembuat bencana disembunyikan dalam black box, bahkan kalau perlu ditenggelamkan sedalam-dalamnya dilaut.

Btw, ngomong soal laut.. kok pemerintah ga ngotot ya nyuruh Adam Air ngambil black box Adam yang berada di dasar laut sulawesi? boro-boro ngotot, minta Adam utk ngambil sebagai pertanggung jawaban aja nggak. Kok Adam ga ada pertanggung jawabannya ke publik sama sekali yak? Kalau gue jadi MenHub, gue insist Adam Air utk berupaya dulu ngambil black box di dasar lautan Sulawesi itu (menurut Adi Nugroho, alumna UGM, di KOmpas 12 maret 07, lapisan Titanium kotak hitam bisa melindungi barang itu dari bahaya korosi air laut selama 3 tahun). Kalau belum ada upaya, gue akan larang Maskapai itu utk beroperasi dulu.

Coba ya ditelaah satu2...
ga ada temuan-temuan KNKT (kalo ga salah komisi Nasional Keselamatan Transportasi) yang diungkap secara detail dan jelas ke publik (atau memang bukan konsumsi publik? pan yang naik transportasi itu publik bukan elit semata?)

  • Adam Air no further explanation
  • Senopati Nusantara idem
  • Adam Air 2 idem
  • Levina idem
  • belum lagi kecelakaan yang dulu2..ga ada penjelasannya
No wonder, pas gue liat breaking news demonstrasi di salah satu TV swasta, ada pendemo yang bawa tulisan plesetan-plesetan KNKT dengan huruf besar-besar:

KNKT
Kalo Naik Kapal Laut Tenggelam
Kalo Naik Kapal Terbang Terbakar
Kalo Naik Kereta Api Terbalik

Idem dengan tragedi2 transportasi diatas, black box-black box tragedi politik atau kemanusiaan yang terjadi di Indonesia pun ga dikotak-katik, sengaja dibiarkan tersembunyi dibalik Titanium Tirani Kekuasaan nan Abadi

  • Tragedi Semanggi (Denger2 DPR menolak untuk melanjutkan penyelidikan kasus ini)
  • Tragedi Trisakti
  • Tragedi Mei
  • Tragedi Aceh
  • Tragedi Tanjung PRiok
  • Tragedi Timor Leste
  • Tragedi Munir
  • Tragedi Poso
Update berita black box GA 200, kotak hitam tsb ga bisa diterjemahkan informasi yang terkandung di dalamnya bahkan oleh pihak Australia sekalipun.

Apa Indonesia gemar memelihara black box-black box tetap terkunci dan menanti sampai saatnya nanti black box tersebut jadi basi ga bisa teridentifikasi?

Perlu Nyali - Empati - Nurani untuk membuka, mengidentifikasi Black Box Indonesia. Ga cukup cuma Doa Tobat dan Pasrah kepada Yang Ilahi.

Black Box in Wikipedia Indonesia
Fungsi dari black box atau kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dengan ATC atau Air traffic control serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

No comments: