Thursday, June 07, 2007

The Famous Sop Merah [buatan Nyokap]

Kalau ada event-event di rumah nyokap gue, gue paling suka kalo nyokap masak sop merah. Gue ga pernah nanya resepnya, soalnya kalo gue pengen, gue tinggal minta ke nyokap pasti dibikinin hehehe.



tapi berhubung gue mau ada acara dirumah, dan gue mau bikin masakan ini, jadi gue minta deh resepnya ke nyokap gue. Ga suse2 amat kok, tapi tau deh rasanya bisa seenak buatan nyokap gue ato ngga hehehe



Resepnya :


Rebus ayam 1 di panci besar (kalau mau irit beli saja punggung 2 kg – Rp. 18 ribu, toh nanti yang dipakai hanya dagingnya saja). Setelah ayam lunak, angkat dan pisahkan dari tulangnya dan potong kotak.



Bawang merah 10 / 15 buah iris tipis-2, tomis dalam mentega, diblender dan masukkan ke panci ayam.



Wortel, sosis, dipotong-2 kotak, daun bawang seledri (tidak usah dirajang tetapi diikat saja) masukkan ke panci rebusan ayam diatas. Biar tidak langu tumis wortel dengan mentega dahulu sebelum masuk ke panci.

 

Masukkan Pasta Tomat / Saus tomat 2 (dua) botol dan tambahkan garam, merica (kalau suka) dan maizena untuk pengental secukupnya.



Apabila mau sajikan bisa ditambahkan parutan keju. Dimakan panas-2 dengan roti perancis / tawar.

3 comments:

SW said...

mmm.. sounds good..

abinya said...

Hi...CeeL...mau dong sop merahnya bisa kirim ke sawangan gak ?

Anonymous said...

Hai, just stop by this blog when I searched for the red soup. Kalo aku bikin dulu pernah sih diajarin Mama juga sebisa mungkin jangan pake saos tomat jadi, tapi kita rebus aja tomat sampe lunak dan diaduk sampe halus baru masukkin sup. Coz kalo pake saos tomat jadi gitu suka lebih kecut dan ga alami rasanya. Just a share .. :) Great recipe anyway, thanks ..

Mama Icha.
~ Just trying to be a better cook for my husband and daughter ..